Supir kereta odong-odong



Supir kereta odong-odong.

Perkenalkan nama saya bpk Mamad, kerjaan saya sehari-hari adalah supir kereta odong-odong bro, berkeliling sekitaran komplek perumahan dekat-dekat sini aja, biasanya saya mulai narik kereta odong-odong kalo pagi sekitar jam 9.00. sampai jam 12 san siang, tergantung juga sih banyak penumpangnya, klo masih ada yang mau naik, bisa sampai jam 2 an baru pulang.
Kalo pagi saya bisa berkeliling sampai 4 rit, 4 x keliling bolak-balik, ngak jauh sih, sekali keliling bolak-balik jaraknya sekitar 2 kiloan meter.
Kalo sore paling banyak 3 rit, soalnya waktu cepat banget, tau-tau udah magrib.
Yang naik kereta odong-odong saya kebanyakan anak-anak, emang khusus buat anak-anak, tapi kadang juga ada emak-emak ikut naik, karena anaknya masih kecil belum bisa dilepas sendiri, ngak papa sih, tapi yang bikin sebel kalo emak-emaknya gembrot/gemuk, karena selain ngeberatin juga makan tempat sedangkan bayarnya sama.
Sekali keliling, 1 rit itu ongkosnya 3 ribu perak/orang baik besar maupun kecil, emak-emak atau anak-anak, tapi kalo emak sama anaknya didiskon seribu, jadi 5 ribu.
Kereta saya sekali tarik muat sekitar 20 orang untuk 2 gerbong dan didepan bersama saya sebagai sopirnya,  tapi kalo ada emak-emak juga ikut naik bisa mengurangin tempat.
Pengasilan saya sehari kalo lagi bagus, artian setian rit penuh terus bisa sampai 150 ribu hingga 200 ribu pagi-sore, kadang bisa lebih, tapi kadang ngak sampai segitu juga sih, sebab terkadang pagi narik, sore ngak, kadang kalo lagi malas seharian ngak narik, apalagi kalo cuaca mendung atau hujan...alamat ngak bakalan narik..
Kereta odong-odong ini bukan punya saya bro, tapi punya ade ipar saya, jadi saya harus berbagi juga sama yang punya..ya..setoranlah walau tidak banyak.
Dulu kereta odong-odong ini dibeli masih keadaan baru dengan harga 15 juta, udah sekitar 5 tahunan, dulu waktu beli saya lagi nganggur, kasian sama kakak iparnya, maka dibeliin lah kereta odong-odong ini buat cari nafkah sehari-hari.ya lumayan lah buat dapur ngebul...
Ketika tahun pertama, semua berjalan dengan sukses, dalam artian tidak ada kendala yang berarti, penumpang selalu penuh dan senang setiap hari, ditambah dengan musik anak-anak mengiringi langkah larinya kereta odong-odong ini.
Pada tahun berikutnya mulailah kendala itu datang, kereta odong-odong ini ditarik dengan motor biasa, dengan sedikit modifikasi agar dapat kuat menarik kereta odong-odong. Dikarenakan motor yang dipergunakan bukan peruntukannya dalam artian menarik beban melebihi kekuatan standar motor biasa, lama-lama motor jebol juga, apalagi jika menarik beban dalam jalan menanjak, makin memperpendek usia mesin motor.
Sudah tak terhitung beberapa kali mesin motor odong-odong ini masuk bengkel, juga sudah berapa banyak uang yang saya keluarin buat betulin kereta odong-odong ini, saya tidak menghitungnya, yang terpenting saya masih bisa narik, biar dapur tetap isa ngebul..
Saya berharap kereta odong-odong ini diperbaiki atau diganti dengan yang baru..
Demikianlah kisah saya sebagai pengemudi kereta odong-odong sebagai cara saya mencari nafkah buat keluarga saya..

Postingan populer dari blog ini

Pedagang ketoprak

Pekerja tenda

Cari uang lewat blog